Friday, June 1, 2012

Tim Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) UNTAN Juara Ke-2 Regional 2 di ITB


Universitas Tanjungpura (UNTAN) kembali menuai prestasi. Tim Robot UNTAN, yang terdiri dari 2 divisi yaitu Divisi Kontes Robot Indonesia/KRI dan Divisi Kontes Robot Cerdas Indonesia/KRCI (Kategori Robot Beroda Pemadam Api) tak hanya mencuri perhatian wasit dan peserta lainnya, tetapi juga mencuri kemenangan. Kontes robot yang pertama kali diikuti dalam sejarah UNTAN ini adalah untuk Tingkat Regional Wilayah 2 yang dilaksanakan di Kampus ITB Jatinangor dan berlangsung pada hari Sabtu, 26 Mei 2012. Pada divisi KRI jumlah tim yang ikut adalah 14 tim, sedangkan untuk KRCI total tim peserta sebanyak 26 tim. Tim yang sama-sama di Regional Wilayah 2 ini adalah termasuk dari perguruan tinggi ternama dan sudah malang melintang di pertandingan-pertandingan robot, baik tingkat nasional bahkan tingkat internasional. Tim-tim itu seperti dari Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Telkom, Politeknik Manufaktur ASTRA, Politeknik Manufaktur Bandung, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Tarumanegara, Institut Teknologi Nasional Bandung, dan yang lainnya.Karena itu tak heran ketika beberapa kali disebutkan kemenangan UNTAN dari sejak babak penyisihan sudah sangat mencuri perhatian peserta lainnya.
Pada divisi KRI, Tim UNTAN yang terdiri dari Octo Rico Galaxy, Ivan Suwanda, Sultan Fiqri yang didampingi mekanik Enry Firmana serta pembimbing Syaifurrahman, ST., MT meraih kemenangan berturut-turut sebanyak 3 kali di babak penyisihan. Tim KRI UNTAN meraih kemenangan atas Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta dan Institut Teknologi Telkom. Karena hasil ini, Tim KRI UNTAN meraih posisi juara grup. Hanya sayangnya ketika di perempat final yang menggunakan sistem gugur, terjadi tiba-tiba kerusakan mekanik pada robot sehingga kalah dengan Tim Robot dari Institut Teknologi Bandung.Universitas Pendidikan Indonesia Bandung yang sebelumnya dikalahkan oleh Tim Robot KRI UNTAN di babak penyisihan bahkan menjadi juara ke-3. Sementara Tim Robot dari Institut Teknologi Bandung yang sebelumnya mengalahkan Tim Robot UNTAN akhirnya menjadi juara ke-2.Alhasil Tim KRI UNTAN hanya kurang beruntung.
Sementara itu, Tim KRCI UNTAN yang mengikuti Kategori Robot Beroda Pemadam Api berhasil memadamkan api yang diletakkan di ruang tersembunyi pada arena labirin. Itu dapat dilakukan oleh robot Tim KRCI UNTAN pada kesempatan kedua. Perlu diketahui bahwa untuk divisi KRCI setiap tim diberikan kesempatan sebanyak 3 kali untuk memadamkan api. Setiap tim minimal sekali harus bisa memadamkan api tersebut, tentunya selain tugas-tugas yang lainnya pada robot. Pada kesempatan pertama tugas ini gagal dilakukan oleh robot Tim KRCI UNTAN karena robot hanya menyusuri setiap ruang pada labirin, namun untuk tugas ini robot juga sudah mendapat penilaian juri. Sementara pada kesempatan ketiga, karena pengaruh terangnya lampu halogen mengakibatkan sensor kurang berfungsi dengan baik. Tim yang beranggotakan Faizal Helmi dan M. Iqra Orytuasikal yang didampingi mekanik Anang Hardoyo serta pembimbingnya Dr.Eng. Ferry Hadary, ST., M.Eng. ini akhirnya dinobatkan sebagai juara ke-2. Tim Robot KRCI UNTAN ini hanya kalah dari Politeknik Negeri Bandung, tetapi mengungguli tim-tim dari perguruan tinggi ternama di Pulau Jawa.
Prestasi kemenangan yang diperoleh Tim Robot UNTAN, yang pada kesempatan ini diwakili seluruhnya oleh mahasiswa Fakultas Teknik UNTAN, tentunya membanggakan. Dr.Eng. Ferry Hadary selaku Ketua Tim Robot UNTAN yang juga sehari-harinya Pembantu Dekan III Fakultas Teknik UNTAN mengatakan sangat berterimakasih atas dukungan Rektor, Pembantu Rektor III, Dekan Fakultas Teknik serta seluruh civitas akademika UNTAN.Semoga kemenangan ini menginspirasi dan memicu prestasi mahasiswa lainnya.
Selain itu Dr.Eng. Ferry Hadary pun berharap agar UNTAN selalu mendukung kegiatan lomba robot ini di masa mendatang, serta berharap dukungan masyarakat Kalimantan Barat kepada Tim Robot UNTAN untuk lomba Tingkat Nasional yang tak lama lagi akan dilaksanakan.Dimana pada ajang Tingkat Nasional juara 1, 2 dan 3 dari lima wilayah regional akan bertanding di Sasana Budaya Ganesha ITB, 30 Juni sampai dengan 1 Juli 2012. Selamat kepada Tim Robot UNTAN, Divisi KRI dan KRCI. Juga untuk nanti di ajang Tingkat Nasional.
 Sumber: http://www.untan.ac.id/

0 comments:

Post a Comment