Friday, June 1, 2012

UNTAN Gelar Event Olahraga Bernuansa Budaya


Universitas Tanjungpura (UNTAN) melalui salah satu agenda kegiatan Dies Natalis ke-53 di tahun 2012 ini, sukses membangkitkan kembali semangat kebersamaan, kerjasama dan sportivitas dalam olahraga bernuansa budaya “UNTAN Bidar Race 2012 & Dragon Boat Exhibition”. Kegiatan yang digelar oleh UNTAN pada Minggu (20 Mei 2012) dan berpusat di Taman Alun Kapuas ini menjadi penawar rindu masyarakat Pontianak akan event olahraga budaya yang semakin tergerus oleh arus globalisasi. Hal ini merupakan salah satu langkah UNTAN untuk memajukan budaya sekaligus memantapkan keberadaanya sebagai institusi pendidikan yang ramah sosial. Tak heran, event ini menarik perhatian banyak pihak. Masyarakat dari berbagai daerah di Pontianak hadir berduyun-duyun menyaksikan event olahraga budaya ini. Dalam event ini, UNTAN bekerjasama dengan PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Kalimantan Barat, yang diketuai oleh Abdi Nurkamil Mawardi.
Kegiatan UNTAN Bidar Race (UBR) 2012 & Dragon Boat Exhibition ini secara resmi dibuka oleh Rektor UNTAN, Prof. Thamrin Usman, DEA. Hadir dalam acara pembukaan event tersebut pejabat-pejabat di tingkat Provinsi Kalimantan Barat maupun Kota Pontianak, stakeholder, civitas akademika UNTAN hingga masyarakat umum yang memadati area Taman Alun Kapuas. Dalam sambutannya, Prof. Thamrin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras demi terselenggaranya kegiatan ini. Ini merupakan salah satu bentuk partisipasi kecil dari kampus kepada masyarakat dalam rangka membangkitkan kembali event olahraga budaya. Harapan kami melalui kegiatan ini akan tercipta suasana kebersamaan dan suka cita. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa icon Sungai Kapuas yang ada di Pontianak sebagai sungai terpanjang di Indonesia sudah selayaknya untuk terus dikembangkan, tidak hanya sebagai media transportasi tetapi juga sebagai pusat pariwisata dengan menghadirkan event olahraga bernuansa budaya. Dalam lomba ini, UNTAN menyediakan Piala Bergilir Rektor UNTAN sehingga harapan kami dengan adanya piala bergilir ini, event Bidar Race dalam terselenggara secara berkelanjutan setiap tahunnya. Prof. Thamrin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi untuk menyukseskan kegiatan ini. Semoga apa yang kita lakukan dan usahakan menjadi amal ibadah kita. Amin.
Dalam UBR 2012 ini, 28 tim dayung yang berasal dari kabupaten/kota di Kalbar yang terdiri dari Kota Pontianak (10 tim), Kab. Pontianak (4 tim), Kab. Sambas (8 tim), Kab. Kubu Raya (6 tim) dan satu tim dari Sarawak, Malaysia ikut ambil bagian. Sementara untuk Dragon Boat Exhibition diikuti oleh 2 tim yakni dari UNTAN dan Universiti Teknologi Mara (UiTM), Malaysia. Kegiatan lomba mulai diadakan dari pukul 09.00 hingga 12.30 WIB dan animo masyarakat tidak berkurang sepanjang pelaksanaan lomba. Terik matahari yang menyengat pada saat itu juga bukan halangan untuk menyaksikan tim dayung yang bertarung menjadi terbaik. Dalam Dragon Boat Exhibition, tim UNTAN berhasil mengalahkan tim UiTM. Sementara itu, dalam UBR 2012 tampil sebagai Juara I adalah Tim Dayung Elang, Juara II : Tim Dayung Cruiz, Juara III : Tim Dayung Elang Perkasa, Juara IV : Tim Dayung Kiber. Masing-masing pemenang mendapatkan piala tetap Rektor UNTAN, dana pembinaan sebesar Rp 6.000.000, Rp 4.000.000, Rp 3.000.000 dan Rp 1.000.000 untuk masing-masing Juara I sampai IV. Selain itu, Tim Dayung Elang juga membawa pulang piala bergilir Rektor UNTAN yang akan diperebutkan kembali tahun depan. Dalam kesempatan ini, UNTAN mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, antara lain: PODSI Kalbar, Pemerintah Kota Pontianak, PolAir Polda Kalbar, Kepala Kantor SAR Pontianak, Kepala Administrator Pelabuhan, Kepala KPLP, Komandan Polisi Militer KODAM XII/TPR, Komandan Pangkalan TNI AL Pontianak, Kepala Pos Polisi Sektor Pontianak Kota, Kepala Sat Pol PP Kota Pontianak, Kepala Polresta Pontianak, Bakor Kom Wil Kodim 1207/Pontianak, Camat Pontianak Kota, Lurah Kelurahan Mariana, Ketua RT dan RW di lingkungan Kelurahan Mariana, Tim Dayung ASAR (Akademi Sukan Air Rojalik) Serawak Malaysia, Tim Dayung di Kalimantan Barat yang telah ikut serta ambil bagian menjadi peserta serta seluruh masyarakat Kota Pontianak. 
Sumber:http://www.untan.ac.id/

0 comments:

Post a Comment